Bauran Pemasaran adalah
sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek
pemasaran atau target pasar yang dituju.
1) Product
(Produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi.
2) Price
(Harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
3) Place
(Tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
4) Promotion (Promosi), yaitu berbagai kegiatan
perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran.
5) Process (Proses) adalah suatu
metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan
produk dan layanan yang baik kepada pelanggan.
6) Productivity and quality ( Produktivitas & Kualitas ), produktivitas adalah sejauhmana efisiensi
masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang
dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu
layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan,
keinginan, dan harapan.
7) People adalah
pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan
layanan (service production).
8) Physical evidence (Bukti
Fisik) adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara
nyata kualitas produk dan layanan.
0 komentar:
Posting Komentar